Home » » Gorila,Hewan yang Cerdas

Gorila,Hewan yang Cerdas


Gorila adalah jenis primata yang terbesar. Makanan gorilla terdiri dari sayur-sayuran,walaupun terkadang juga makanan serangga. Oleh karena itu,gorilla dapat digolongkan sebagai binatang omnivora. Gorila berasal dari hutan tropis di afrika. 97-98% DNA gorilla identik dengan DNA manusia. Gorila adalah
spesies kedua setelah simpanse yang terdekat dengan manusia. Ada dua spesies dalam genus gorilla,yaitu gorilla timur (eastern gorilla) dan gorilla barat (western gorilla).

Selain itu,Gorila adalah hewan yang mempunyai intelegensi yang tinggi. Beberapa penyelidikan menunjukan bahwa gorilla bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa sandi. Contohnya adalah gorilla Koko dan gorila Michael.


Gorila adalah binatang yang pemalu dan sosial. Mereka biasanya hidup di dalam keluarga yang terdiri dari 6 sampai 7 gorila. Suatu keluarga gorilla terdiri dari dominan gorilla (sering disebu”silverback” gorilla karena punggungnya yang berwarna keperakan), dua atau lebih gorilla betina dan sisanya anak-anak gorilla. Bila anak gorilla dewasa,mereka biasanya pergi untuk mencari keluarga gorilla yang lain. Setiap malam sebelum tidur,gorilla membuat sarang tempat tidur yang terdiri dari daun-daunan,tangkai ataupun rumput. Ilmuwan yang mempelajari gorilla dengan gampang bisa menduga jumlah anggota keluarga gorilla dengan menghitung jumlah sarang tempat tidurnya. Gorila bisa hidup sampai 50 tahun di kebun binatang. Di alam liar,biasanya gorilla mencapai usia 35 tahun. Gorila bisa melakukan reproduksi saat berusia 10-12 tahun. Gorila betina mengandung sekitar 8 sampai 9,5 bulan dan bisa melahirkan tiga gorilla selama hidupnya. Bayi gorilla bisa merangkak di usia sekitar 2 bulan dan bisa berjalan di usia 9 bulan.ini jauh lebih awal dari bayi manusia.

0 komentar:

Posting Komentar