Home » » Membuat Database Acces Melalui VB

Membuat Database Acces Melalui VB

Database merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk berdirinya sebuah program. Karena dengan database program dapat menyimpan data yang diperlukan setelah diolah sebelumnya dengan program tersebut. Nah,berikut adalah langkah-langkah cara membuat database melalui visual basic 6.0 :

1. Pertama Kita buka aplikasi Visual basic 6.0 (Boleh Standard EXE atau Enterprise Edition)


2.Kemudian Pada Menu(Atas), Kita Pilih Add Ins ----> Visual Data Manager , maka akan tampil seperti gambar di bawah :

3. Setelah itu pada tampilan tersebut Klik File ---> New ---> Microsoft Acces ---> Version 7.0 MDB ---> Pilih folder/tempat database akan disimpan lalu beri nama sesuai keinginan,saya membuat nama "dbmahasiswa" (Usahakan satu folder dengan program), maka akan tampil sbb:


4. Pada bagian kosong/putih di bawah properties,klik kanan lalu pilih New Table,maka akan tampil sbb :

5. Pada Table Structure (gambar diatas),isi nama tabel misalnya "data_mahasiswa" ,Kemudian klik Add Field, akan tampil gambar berikut :

6. Pada Add Field isilah bagian yang kosong yaitu : Name,Type dan Size sesuai keingingan,lalu klik oke..

7. Lakukan seterusnya seperti langkah 6 sesuai dengan data-data yang dibutuhkan,jika sudah klik close, maka hasilnya dapat dilihat pada Field List,Lihat Gambar :

8.Terakhir klik "build the table" , maka satu database dengan satu table pun selesai. Dan jika teman-teman ingin menambah tabel caranya sama saja,dimulai dari langkah nomor 4

Bagaimana?? cukup mudah bukan ?? Selamat Mencoba ^_^

Baca Juga Tutorial Lainnya

0 komentar:

Posting Komentar