Home » » Mengapa Mudah Lupa Ya?

Mengapa Mudah Lupa Ya?


Secara alamiah,penurunan daya ingat dimulai pada usia 40 tahun karena pada usia tersebut ada beberapa sel otak sudah mulai mati. Sel otak yang sudah mati tidak akan mengalami regenerasi sehingga menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa. Sedangkan bagi mereka yang pelupa di usia muda, penyebab nya mungkin karena kelelahan otak atau stress yang mengkibatkan
ingatannya tidak cukup kuat

Kaum wanita diduga lebih banyak dan lebih mudah untuk menjadi palupa. Penyebabnya adalah factor hormone pada wanita yang menyebabkan wanita lebih mudah mengalami stress dibandingkan pria. Stres yang berkepanjangan sebenarnya dapat memicu kelelehan pada otak. Bila hal itu tidak segera diatasi,maka lama-kelamaan fungsi otak akan menurun dan akhirnya menjadi mudah lupa. Bila seseorang juga kurang mengaktifkan kerja otaknya,maka sel-sel yang jarang dirangsang untuk bekerja tersebut akan mengalami kerusakan dan menyebabkan mudah lupa.

Bagaimana caranya agar tidak pikun sebelum waktunya? Sejak usia 20-an tahun,sebaiknya daya ingat kita harus dijaga. Caranya antara lain melalui pola makan yang terjaga karena hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan dan tingkat energy tubuh serta dapat mempengaruhi kerja otak. Sel-sel otak kita membutuhkan nutrisi dan oksigen sebagai bahan bakar untuk melancarkan kerja sel otak itu sendiri serta aliran darah yang menuju ke otak. Selain itu,olahraga juga penting untuk membantu daya ingat agar tetap terjaga dengan baik. Dengan olahraga yang teratur,maka aliran darah akan menjadi lancer sehingga suplai zat makanan dan oksigen menuju otak juga akan berjalan dengan baik.
Nah,tentunya sobat tidak mau kan jika harus pikun(pelupa) sebelum waktunya?
Berikut ini resep2 makanan/minuman yang dapat mencegah terjadinya pelupa dalam waktu dini..

0 komentar:

Posting Komentar