Home » » Pengaruh Makanan Terhadap Kecerdasan Manusia

Pengaruh Makanan Terhadap Kecerdasan Manusia


Pola makan ternyata bisa mempengaruhi prilaku seseorang,kata kepala Departemen ilmu kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada,Prof M.Juffrie,SpA(K).
Prilaku manusia tidak hanya dipengaruhi oleh lingkungan,namun juga oleh yang dikonsumsi. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa saluran cerna memiliki hubungan dengan otak. Saluran cerna juga mempunyai insting. Makanan yang kita makan dan bakteri yang ada di dalam saluran cerna cukup kuat dalam mengganggu prilaku manusia.
Oleh karena itu,Jika saluran cerna sehat maka prilaku juga pasti sehat,”jelas juffrie.

Jenis makanan yang dikonsumsi dapat mengubah mirobiom atau biodata bakteri yang hidup dalam saluran cerna. Saluran cerna manusia merupakan termpat tinggal koloni bakteri dan kuman yang bisa membantu proses cerna dan mikrobium di dalam usus yang mengalami perubahan,dapat mengeluarkan aneka zat yang dapat mengganggu proses cara kerja otak. Sebagai contoh,Juffrie menjelaskan bahwa sakit perut akibat salah mengkonsumsi jenis makanan,dapat menyebabkan kecemasan bahkan depresi.

Kecerdasan Anak
Disamping itu kondisi saluran cerna ternyata turut berperan untuk mementukan kecerdasan otak anak,kata dokter spesialis dari divisi Tumbuh kembang Anak RS Dr.Soetomo,Dr.Ahmad Suryawan,SpA(K).
“Untuk menyehatkan otak anak,saluran cerna juga harus sehat,” Otak dengan saluran cerna memiliki hubungan yang sangat erat dan memiliki komunikasi dua arah. Komunikasi dua arah antara saluran cerna dengan otak melalui berbagai mekanisme,saat ini dikenal dengan istilah gut-brain axis.
Komunikasi ini saling mendukung proses kerja masing-masing organ. Pada otak,sinap atau sambungan antar sel otak bekerja melalui proses sinyal yang dikirim otak,jelas dia.

“Saluran cerna berfungsi tidak hanya untuk menampung nutrisi,namun juga mampu mempengaruhi sinyal di otak melalui mikrobiota usus.” Selain itu,otak juga membutuhkan energy untuk dapat menjelaskan fungsinya dengan baik,melalui nutrisi yang diserap baik oleh saluran cerna dan dialirkan ke dalam otak.

Sementara dari otak,neurotransmiliter dapat mempengaruhi perkembangan mikrobiodata usus. Oleh sebab itu,saluran cerna yang sehat harus memiliki mikrobiodata berupa kuman atau bakteri baik,supaya sinap otak juga dapat bekerja dengan baik,”tukas Dr.Suryawan.

0 komentar:

Posting Komentar