Home » » Menampilkan data yang tersimpan di database dengan Data Grid

Menampilkan data yang tersimpan di database dengan Data Grid

Setelah Menyimpan Data di Database,Terkadang Kita tidak ingat data-data apa saja yang sudah kita simpan pada database tersebut terlebih jika data yang kita simpan sudah terlalu banyak,mustahil kita untuk ingat semuanya.dan untuk melihat data-data yang tersimpan, kita tentu harus membuka database nya terlebih dahulu.. waaaahh,repot juga ya kalau terus begitu??
Pertanyaan nya Apakah bisa kita melihat data yang telah tersimpan pada database tanpa harus membuka database tersebut dengan kata lain kita dapat langsung melihatnya di Interface Program Buatan Kita?? Jawabannya Bisa..
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit yang saya tahu untuk memecahkan masalah tersebut,yaitu dengan data grid.. bagaimana caranya.. Langsung saja ke TKP..

1. Oke Pertama kita buka program aplikasi yang telah kita buat.. saya mengambil contoh seperti gambar dibawah :



2. Setelah itu pada kumpulan komponen di sebelah kiri (di bawah General) kita klik 2 kali pada Adodc dan Data Grid,maka tampilannya akan seperti gambar di bawah :

3. Pada Adodc1 yang telah kita buat,Klik Kanan ----> Adodc Properties,maka akan muncul tampilan berikut :

4. Pada Menu General di Property pages , klik build pada bagian Use Connection String ----> Pilih Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider kemudian Next

5. Pada tampilan Data Link Properties,kita masukkan nama database pada select or enter a database name,Sebelum oke,kita test Connection Dulu,Jika Succes barulah klik OK..

6. Setelah itu kita akan kembali ke property pages,akan tetapi kali ini kita pilih menu Record Source,maka tampilannya akan menjadi sbb : (atur agar seperti gambar dibawah ini) ----> Klik OK

7. Langkah Selanjutnya kita atur property data grid. Caranya dengan meng klik data grid yang sudah dibuat sekali saja,lalu lihat di sebelah kanan dibawah Properties-Datagrid.  
Data source kita ubah menjadi Adodc1.

8. Langkah Terakhir kita Jalankan hasil program kita seperti biasa dengan tekan F5 pada Keyboard, Maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.. Data yang tersimpan akan bisa tampil di program kita.

Nah,Mudah Bukan Cara Membuatnya?? Selamat Mencoba.. Good Luck ^_^

Tutorial Lainnya

0 komentar:

Posting Komentar