Home » » Fakta Unik Tentang Hewan

Fakta Unik Tentang Hewan


1.Kalau kita berbicara tentang hewan tercepat di muka bumi,seringkali kita mengaitkannya dengan cheetah,Spesies kucing besar yang hidup di daratan Afrika. Diduga kecepatan kucing ini berkisar pada angka 70 mph (114 km/jam). Namun,tahukah kamu
bahwa hewan tercepat sebenarnya dipegang oleh seekor burung yang bernama The Paregrine Falcon (Falco Peregrinus) dengan kecepatan yang pernah tercatat adalah 390 km/jam (242,3 mph)! Bandingkan dengan kecepatan tertinggi yang pernah dicapai oleh mobil balap F1 yang hanya berkisar pada angka 370 km/jam (229 mph)! Hewan yang memiliki populasi tersebar di seluruh benua kecuali antartika ini mulai terancam punah akibat rusaknya habitat tempat mereka tinggal oleh aktivitas manusia.



2.Tahu ikan layar(Sailfish)? Ikan yang menjadi favorit para pemancing professional ini ternyata masih menjadi misteri bagi para ahli bidang biologi kelautan. Hal ini disebabkan karena pergerakan ikan yang enak dagingnya itu sangat cepat dan tingkat perpindahannya (migrasi) sangat tinggi. Selain itu,ikan yang memiliki nama latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di samudra pasifik) dan Istiophorus platypterus(Untuk yang berada di samudra Atlantik) ini tersebar ratusan mil dari pantai. Akibatnya,sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka,melakukan proses tagging (penomoran),serta pengumpulan data. Namun penelitian terbaru menunjukan bahwa ikan ini memang benar-benar ‘cepat,. Percaya tidak,36 jam setelah bertelur,telur-telur tersebut langsung menetas! Tidak hanya itu,pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat,sekitar 6 kaki per tahun!



3.Let’s talk about a strongest animal in the world.Berbiacara tentang hewan terkuat seringkali kita menganggap bahwa hewan terkuat adalah gajah.Namun,tahukah kamu bahwa gajah afrika hanya mampu mengangkat beban dengan proporsi 25 % dari total berat badannya? Caba bandingkan dengan seekor kumbang badak (The rhinoceros beetle) mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya! Dengan kata lain secara proporsi berat badan,gajah masih kalah dengan manusia yang mampu mengangkat beban hingga 10 kali berat badannya,bahkan lebih.



4.Burung Unta (Ostrich) bukan sembarang burung.Tinggi badannya dapat mencapai 2,5 meter dengan berat 180 kg. Selain burung unta juga memiliki daya tahan yang luar biasa,Burung ini bisa bertahan hidup pada suhu diatas 40 derajat celcius. Umurnya juga terbilang panjang,bisa mencapai usia sekitar 50 tahun. Walau begitu,sekalipun burung unta sedemikian besar,pengeluaran untuk biaya burung unta hanya mencapai kira-kira US$ 75 setahun. Kesulitan umum satu-satunya dalam memelihara burung unta adalah masalah kandang. Diperlukan lahan yang cukup luas dan berpagar. Masalahnya,sekali seekor burung unta lari keluar dari pagar,kamu perlu sebuah mobil untuk mengejar dan menangkapnya karena burung unta dapat berlari hingga 50 km/jam!!



5.Menurut para ilmuwan,hewan yang memiliki suara paling keras adalah paus biru (Balaenoptera musculus),yang uga menyandang gelar sebagai hewan terbesar di muka bumi. Suara paus biru lebih keras daripada suara motor Harley Davidson. Bahkan lebih keras daripada suara konser rock yang paling keras,dan juga lebih keras dari ledakan bom. Seberapa keraskah suara ikan paus biru tersebut? Suara ikan tersebut adalah 188 desibel..! Angka ini sama dengan 1 juta kali suara mesin jet(yang mencapai tingkat kekerasan suara 120-130 desibel). Yang perlu diingat bahwa tingkat kekererasan suara bertambah secara logaritmis. Ini berarti setiap kenaikan 10 desibel peningkatan intensitas suara hingga 10 kali. Ini adalah salah satu alasan bagi kita semua untuk bersyukur bahwa ikan paus biru tersebut hanya tinggal di dalam laut.



6.Mau tahu hewan bertulang belakang (vertebrata) terkecil di dunia? Sejenis ikan kerdil yang disebut stout infantfish ditetapkan sebagai hewan bertulang belakang paling mungil dan paling ringan sedunia. Ikan yang hidup di sekitar perairan Great Barrier Reef,Australia ini panjangnya hanya 7 milimeter! Sebenarnya ,ikan dari Australia itu memiliki saingan,yaitu sejenis ikan yang memiliki nama latin paedocypris progenetica yang ditemukan di rawa-rawa gambut di pulau sumatera. Hewan tersebut memiliki panjang sekitar 7,9 milimeter.




7.Nyamuk mendapatkan makanan bukan dari menghisap darah. Anggapan banyak orang bahwa nyamuk adalah penghisap dan pemakan darah tidaklah sepenuhnya benar. Hanya nyamuk betina yang menghisap darah,dan hal ini dilakukan bukan untuk kebutuhan makan mereka.Baik nyamuk jantan maupun betina,keduanya hidup dengan memakan nectar,yakni cairan manis yang disekresikan oleh bunga tanaman (sari madu bunga). Satu-satunya alasan mengapa nyamuk betina menghisap darah adalah karena darah menandung protein yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan telur nyamuk. Dengan kata lain,nyamuk betina menghisap darah untuk mempertahankan kelangsungan hidup spesiesnya.




8.Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum. Ia mampu berjalan tanpa minum dalam waktu lama ini untuk menemukan sumber air yang akan disimpannya. Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum. Tempat penyimpanannya adalah punuk unta. Sekitar empat puluh kilogram lemak tersimpan disini. Hal ini menjadikan unta mampu berjalah berhari-hari di gurun pasir tanpa makan apapun. Hambatan utama dalam perjalanan di gurun pasir adalah badai pasir. Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir dapat menyesakkan napas dan membutakan mata. Unta memiliki sistem perlindungan khusus pada matanya. Kelopak mata unta melindungi matanya dari debu dan butiran pasir. Namun,kelo[ak mata ini juga transparan atau tembus cahaya sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masukna debu ke dalam mata. Terdapat pula desain khusus pada hidung unta. Ketika badai pasir menerpa,ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.




9.Gagak tidak hanya identik dengan mistik,tapi mungkin juga cinta dan pertengkaran. Burung yang warna tubuhnya dominan dengan warna hitam ini memang terkenal selalu bertengkar. Tapi,setelah pertengkaran yang panjang hingga bulu-bulunya acak-acakan,tahu apa yang dilakukan? Ternyata,mereka akan kembali ke sarang dan berciuman dengan pasangannya. Perilaku seperti ini dilaporkan Amanda seed,seorang psikolog dari universitas Cambridge,Inggris dalam jurnal Current Biology edisi 23 januari setelah merekan 10 ekor gagak yang tinggal bersama di sebuah pohon,delapan diantaranya merupakan pasangan setia. Gagak memang tergolong hewan yang cenderung memilih pasangan tunggal atau monogamy dan membangun sarang secara permanen. Pertengkaran jarang terlihat secara masal tapi satu lawan satu. Seekor gagak biasanya menyerang tetangga sarangnya dengan mengoceh atau mengepakkan sayap kepada gagak lainnya. Usai bertengkar masing-masing biasanya kembali ke pasangannya kemudian saling mendekat,berbagi makanan,dan bercumbuan dengan paruhnya.


10.Siapa sih yang tidak kenal dengan makhluk yang menggemaskan ini?? Dialah kucing


a. Tahukah kamu,kucing(Felis Silvestrid-catus),terutama kucing rumah adalah salah satu hewan predator paling hebat di dunia. Kucing ini mampu membunuh atau memakan beberapa ribu spesies,mengalahkan kucing besar (seperti singa,harimau dan sejenisnya) yang hanya mampu memangsa kurang dari 100 spesies. Namun karena ukurannya terbilang kecil,maka tidak berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja sangat berbahaya apabila kucing ini terinfeksi rabies.



b. Kucing telah berasosiasi dengan kehidupan manusia sekurangnya sejak 3500 tahun yang lalu. Ketika itu orang mesir kuno telah menggunakan kucing untuk mengusir hama tikus dan hewan pengerat lainnya dari hasil panen mereka. Namun,percaya atau tidak,di dunia ini hanya terdapat 1 % populasi kucing di dunia yang termasuk galur murni atau kucing ras. Sisanya adalah kucing hasil pencampuran dari berbagai rasa tau biasa kita sebut sebagai kucing kampung. Oleh karena itu,kucing ras termasuk kucing yang paling sering dicari dan mahal harganya.


c. Percaya atau tidak ,di abad pertengahan kucing dianggap berasosiasi dengan penyihir dan sering dibunuh dengan cara dibakar dan dilempar dari tempat tinggi. Sejumlah ahli sejarah percaya bahwa wabah Black Death atau wabah pes menyebar dengan cepat di Eropa pada abad ke-14 akibat tahayul itu.Hal itu disebabkan banyaknya pembunuhan kucing yang dilakukan sehingga meningkatkan populasi tikus yang membawa wabah pes tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar