Home » » Belajar Shalat dengan Khusu

Belajar Shalat dengan Khusu


     Tidak mengerti ucapan atau doa yang dibaca dalam shalat merupakan masalah yang serius bagi umat Islam.Ini adalah penyebab utama mengapa seseorang tidak bisa khusu’ dalam shalatnya. Ketika takbiratul ihram dikumandangkan,fikiran mulai melanglang buana melantur kemana-mana. Mulai dari merencanakan kegiatan bisnis,urusan keluarga,rencana tamasya,menemukan barang yang hilang dan lain sebagainya silih berganti muncul dalam fikiran selama mengerjakan shalat. Anehnya ketika mengucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri tanda selesai shalat,
fikiran yang melantur itupun berhenti mengelana,langsung focus pada kegiatan yang harus segera di kerjakan saat itu. Hal seperti ini tentu tidak akan dialami oleh orang-orang yang mengerti doa-doa yang diucapkannya ketika shalat,baik dia orang Arab sendiri atau bangsa lain yang mengerti arti dan makna doa-doa dalam shalat. Allah SWT berfirman :

“Hai Orang-orang yang beriman,jangan lah kamu shalat sedang kamu dalam keadaan mabuk,hingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan… “ (QS.An-Nisa ayat 43)

Untuk bisa mencapai ke khusu’ an dalam shalat,maka usaha yang pertama yang harus dilakukan ialah memahami seluruh doa-doa yang biasa  diucapkan dalam shalat. Selanjutnya berlatih mengucapkan seluruh doa-doa dengan penuh penghayatan,dan seluruh doa diucapkan tidak lagi hanya dimulut,melainkan dengan suara hati,seolah-olah kita sedang berbicara langsung berhadap-hadapan dengan Allah SWT..


0 komentar:

Posting Komentar